Intel Resmi Kenalkan Xeon E7 v2

Diposting pada: 2015-07-16, oleh : Ekstra TIK, Kategori: Mading Ekstra TIK

Raksasa semikonduktor chip, Intel akhirnya resmi memperkenalkan generasi terbaru dari keluarga prosesor server Xeon E7. Mengusung seri Xeon E7 v2, prosesor tersebut diklaim, memiliki kinerja dua kali lipat lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Prosesor Xeon E7 v2 ini menawarkan 15 core dengan dukungan 32-socket server. Yang cukup megejutkan, per socket-nya mampu mendukung penggunaan memory hingga 1.5TB. Sebagai perbandingan, Xeon E7 generasi awal hanya menawarkan CPU hingga 10 core, delapan socket, serta total socket-nya (bukan tiap socket) mendukung penggunaan memory 12TB saja.

Prosesor ini berbasiskan arsitektur Ivy Bridge dengan proses fabrikasi 22nm. Xeon e7 v2 juga memiliki L3 cache yang lebih besar 37.5MB, serta TDP 155 watt dan dukungan HyperThreading. Chip ini juga memiliki base clock sebesar 2.8GHz.

Intel mengatakan, kehadiran Xeon E7 v2 lebih ditujukan untuk kebutuhan perusahaan akan prosesor yang mampu menganalisis data begitu banyak dengan cepat. Maka dari itu, upgrade terbesar dari prosesor ini ialah kemampuannya mendukung memory yang lebih besar. Ini lantaran, banyak database besar membutuhkan kinerja memory yang tinggi juga.

“Seperti waktu yang telah berlalu, perangkat lunak selalu ingin lebih cepat dan memory yang lebih besar. Degan generasi CPU ini, mampu mendukung dynamic RAM hingga 6TB dalam empat socket silicon,” kata Alan Priestly, kepala marketing Intel Data Centre and Connect Systems dalam sebuah wawancara, seperti dikutip dari the Inquirer.

Bahkan, pihaknya beranggapan, dukungan memory 6TB di tiap empat socket ini bagi pelanggannya masih lah tak cukup. Menurutnya, bila memungkinkan, pelanggan Intel ingin prosesornya mampu mendukung memory antara 12TB hingga 24TB. Ini mengingat, beban kerja data center yang makin berat dalam menganalis data yang semakin banyak pula.

Adapun sejumlah fitur yang ditambahkan ke Xeon E7 v2 ialah kemampuan beralih antara performance mode untuk I/O dan Bandwidth tertinggi dengan lockstep mode untuk menangani sejumlah aplikasi business-critical. Selain itu, prosesor juga memiliki sejumlah fitur keamanan, termasuk Intel Data Protection Technology dengan Secure Key dan Intel Platform Protection Technology dengan OS Guard yang diklaim memiliki enkripsi tingkat tinggi.

Untuk saat ini, seri prosesor Xeon E7 v2 terbagi menjadi tiga kelas, yakni Xeon E7-8800 V2, E7-4800 V2, dan E7-2800 V2. Kelas Xeon E7-8800 menjadi kelas paling tinggi di antara keduanya. Chip ini diperkirakan akan dijual di kisaran US$ 5.000.

 sumber :http://www.jagatreview.com/2014/02/intel-resmi-kenalkan-xeon-e7-v2/


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.smkn1bms.sch.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id